Hello Everyone Visit My Deviant Art Clicking Here!

Ad 468 X 60

Kamis, 15 Agustus 2013

Kebiasaan Noktural yang menyenangkan tapi melelahkan



Noktural adalah sebutan untuk hewan yang aktif dalam malam hari dan tidur pada pagi atau siang hari, aktiftas yang merupakan kebalikan dari Manusia (diural) contohnya kelelawar, tetapi postinganku kali ini tidak akan membahas tentang Hewan Noktural tetapi akan membahas kebiasaan Noktural pada Manusia, karena akupun sedang mengalami kebiasaan Noktural 1 Bulan terakhir ini, dan mengapa bisa terjadi?. Kebiasaan noktural, alias gak bisa tidur pada malam hari, alias Insomnia ini ternyata banyak penyebabnya antara lain.



  • Kram Otot, Penyebab kram otot di betis, paha atau kaki di malam hari tidak diketahui, tetapi mungkin dipicu oleh obat-obatan tertentu, seperti statin. Satu penelitian di Amerika menemukan bahwa 20 persen peningkatan risiko masalah otot, termasuk kram, terjadi pada mereka yang menggunakan obat penurun kolesterol.
  • Asma nocturnal. Asma yang terjadi pada malam hari disebut asma nokturnal. Ini terjadi karena berbaring membuat lendir menumpuk di saluran udara dan menciptakan tekanan pada paru-paru.
  • Kondisi jantung. Jika bangun terengah-engah setelah beberapa jam tidur di malam hari, bisa jadi itu tanda ada masalah dengan jantung. Segera konsultasikan keluhan ini dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.
  • Sleep apnea. Sleep apnea adalah gangguan kronis ketika berhenti bernapas berulang kali pada malam hari, menyebabkan Anda harus bangun dari tidur, dan ditandai oleh kebiasaan mendengkur keras. Menurunkan berat badan, berhenti merokok, dan minum air sebelum tidur dapat membantu.
  • Sakit punggung. Nyeri punggung dapat membuat Anda menjadi susah tidur. Rasanya Anda perlu mengganti kasur setiap delapan sampai sepuluh tahun.
  • Asam lambung. Refluks asam ke kerongkongan dapat membuat Anda sulit tidur. Kondisi ini terutama mempengaruhi orang yang memiliki kelebihan lemak di sekitar perut.
  • Infeksi. Jika terbangun di tengah malam dan merasa pusing, Anda mungkin menderita benign positional vertigo. Ini terutama mempengaruhi wanita di atas usia 50 tahun. Tidur telentang dengan dua bantal dapat membantu karena menstabilkan posisi kepala.

Wah ternyata memiliki kebiasaan Noktural atau jarang tidur malam itu memang gak baik loh, yuk buat teman - teman yang lagi pada susah tidur (termasuk saya) pelan - pelan kita kurangi kebiasaan kita untuk tidur dipagi hari, karena kebiasaan ini memang kurang sehat.

Referensi
http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/08/penyebab-sulit-tidur-di-malam-hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Kritik dan Saran tentang post ini, Terima Kasih