Hello Everyone Visit My Deviant Art Clicking Here!

Ad 468 X 60

Minggu, 14 April 2013

Belajar Menunda? Siap - siap Belajar Repot



Menunda?, mungkin kita sebagai manusia sering melakukanya dari menunda belajar, mandi, bahkan melakukan hal - hal yang harusnya kita kerjakan tepat waktu, karena di nilai sangat penting, contohnya menunda tugas kuliah, semakin lama tugas kuliah yang kita tunda mungkin dengan alasan tugas yang mudah?, atau kita merasa bisa melakukannya dengan cepat dan tepat waktu?.


Tetapi, ada baiknya kita segera menyelesaikan tugas yang kita miliki dengan segera dikarenakan tugas, karena akan ada tugas - tugas dari dosen lain yang akan berdatangan dan tugas kuliah yang kita tunda akan menjadi menumpuk sampai akhirnya kita akan bingung untuk memulai mengerjakan tugas yang mana, bahkan kita akan sama sekali tidak bisa menyelesaikan tugas yang diberikan kepada kita (hamsyong deh).

Bagaima kita bisa menyelesaikan tugas tanpa harus menundannya?, Saya pun termasuk dalam kategori orang yang malas menurut beberapa penulis blog yang pernah Saya baca,
Masalah menunda-nunda atau dalam Bahasa Inggrisnya ‘procastination’ merupakan ancaman kronis bagi banyak orang di Indonesia maupun seluruh dunia. Karena terbiasa dengan sikap bertangguh, suatu tujuan atau tujuan itu sulit untuk direalisasikan dengan sempurna dan cemerlang.

Berikut tips untuk mengatasi masalah ini.

Manajemen Waktu: 8 Tips Menghindari Penangguhan

1. Mengenali alasan penundaan sesuatu tugas
Tanya kepada diri Anda, apakah Anda takut akan gagal dalam tugas tersebut? Atau, Anda seorang yang mementingkan kesempurnaan yang hanya akan memulai kerja setelah semuanya selesai? Atau Anda seorang yang mudah terganggu dan tidak fokus dalam melunasi sesuatu tugas?

2. Mengenali tugas Anda dan bagikannya kepada tugas yang lebih kecil
Satu tips motivasi pernah dibagi, untuk makan seeokor gajah, caranya adalah dengan memotong daging gajah itu ke ketulan kecil daging.

3. Tempatkan tanggal akhir untuk tugas Anda
Coba berikan tanggal dan waktu untuk sebuah tugas. Misalnya, Anda meletakkan tujuan untuk menghabiskan membaca sebuah buku dalam waktu 1 minggu.

4. Bekerja dalam blok waktu yang kecil tetapi sering daripada bekerja dalam satu blok yang membutuhkan waktu yang panjang
Misalnya saat belajar, rehatlah sebentar selama 10 menit untuk setiap 1 jam atau 30 menit setelah belajar selama 2 jam.

5. Mulai dengan tugas yang mudah dulu
Ini bertujuan untuk memberi momentum kepada Anda untuk bergerak. Hal lain berikutnya akan menjadi mudah karena momentum yang ada.

6. Mulai dengan tugas yang Anda rasa sulit
Ini bertentangan dengan tips 6. Manfaat tips ini adalah untuk memberikan psikologi kelegaan kepada Anda. Setelah Anda berhasil menyelesaikan sesuatu tugas yang sulit, Anda akan merasa sangat nyaman karena merasakan sebuah beban telah berhasil dihapus. Tips ini memberi kepuasan kepada diri.

7. Memberitahu orang lain tentang tugas Anda
Misalnya, Anda memberitahu kepada orang lain bahwa Anda akan menyiapkan sesuatu pekerjaan dalam waktu yang ditetapkan. Ini akan menimbulkan rasa tanggung jawab di dalam diri Anda untuk melunasi tugas tersebut.

8. Hindari berada di tempat yang bisa mengganggu Anda
Misalnya Anda bisa memilih untuk belajar di perpustakaan atau tempat lain yang lebih tenang jika Anda khawatir Anda akan leka dengan internet.

Lepas dari tips - tips diatas, kembali kepada diri kita bagaimana kita bisa mengatur waktu bermain dan belajar kita, Saya pun memiliki sekitar 4 tugas kuliah yang belum Saya kerjakan, yup dikarenakan sifat MENUNDA yang mulai akut dalam diri Saya, bahkan tugas kuliah Saya pun belum saya kerjakan karena menulis postingan ini, sungguh ironis haha, sekian dulu postingan kali ini semoga bermanfaat bagi kita bersama.

Referensi : http://contohartikelku.com/8-tips-menghindari-sifat-sering-menundanunda/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Kritik dan Saran tentang post ini, Terima Kasih